Thursday, January 22, 2009

Spaß dg Nasi Rawon and Orientierungkurs


Hari ini makan nasi rawon......
Sedap....sebagai pelepas rasa rindu tanah air.
Dan obat penat setelah Orientierungkurs tadi.

Kami belajar sejarah, sedikit politik dan kultur Jerman.
Sebenernya sangat menarik.
Tapi....sempet sakit kepala juga.

Masa kecil belajar sejarah...politik...kultur Indonesia...
Dan sekarang......
belajar sejarah.....politik....dan kultur Jerman..

Was ich machen muss ?

Spaß aja.....
Happy.....and easy........

Und.....Guten Apetit..!!



Photobucket


Resepnya bisa di lihat di sini


RESEP NASI RAWON LETTY LEKSONO



11 comments:

  1. hhhmmmm..enaknya..nyam..nyam-nyam--
    btw.Aku mo tanya tentang Kursus Intergrasi, krn aku baru mo ambil, berapa lama kursusnya, itu kursusnya termasuk Deutsch lernen juga? ada levelnya ato gimana, karena aku dah pernah kursus bhs Jerman & punya sertifikat l A2 dari Goethe Institut Indonesia,
    makasi infonya yach..GBU

    ReplyDelete
  2. mauuuuuuuuuuuuuu dongggggggggg kak sannyooooooooo

    ReplyDelete
  3. Tuti, kamu bisa hubungi VHS terdekat......kalo sudah punya A1, kita tinggal ikut 300 jam pelajaran lagi...setelah itu ujian ZD....lumayan utk cari kerja...
    Kalo kamu ingin jadi warga jerman.....kamu perlu punya ZD/B1.....dan lulus Orientierungtest....dan sudah menetap di jerman 8 thn.....

    ReplyDelete
  4. makasi infonya Say, aku rencananya besok mo ke VHS, karena besok baru bisa libur, aku dah dpt kerja teilzeit disini, ya,,sambil belajar naek Bus sendiri he..he..he..
    Oh ya,,, mungkin aku bisa lebih singkat kali ya ambil kurs nya, karena aku khan dah punya Zertifikat Goethe A2, emang kalo mo jadi Warga Jerman skrg harus menetap disini selama 7 tahun, tapi nggak mungkin lah ya,,,, selamanya pengen pegang Passpor Ijo, tetap cinta Indonesia...
    OK dech,,sekali lagi thanks yach,,salam buat keluarga,

    ReplyDelete
  5. wah....lebih cepat lagi....cuman 200 jam pelajaran...
    Asik deh...viel spaß ...ya

    ReplyDelete
  6. Mbak Sannyo, salam kenal ya :). Ich bin neu hier. Mo tanya Orientierungkurs dong. Zadi aku abis dari Auslanderamt nunjukkin ZD aku dan kata Frau disana berarti aku cuma perlu ikut Orientierungkurs aja 45 Stunde. Itu jam2nya gimana sih? Apakah pagi gitu. Lagi bingung aja apakah mo ambil sekarang ato nanti2 aja secara jatahlku ampe 2011. Lagi mau cari kerja nih setelah 2 bulanan jadi pegangguran di tempat baru :)). Btw resep2nya aku contek ya mbak secara binun cari padanan bahan2 masakan Indo disini.

    ReplyDelete
  7. salam kenal lagi. Kamu hubungi aja VHS atau Paritaetische Bildungswerk...di sana biasanya ada program integrationskurs dan orientierungkurs. Kamu bisa nanya2 sepuasnya. Apalagi udah punya ZD, pastinya udah mantep bicara bhs jermannya. Jadi lebih asik ngobrolnya. Jadwalnya ada pagi dan juga siang. Aku ikut yang siang. Kalo kita cuman punya ZD, biasanya lapangan kerjanya kurang banyak......Arbeitgeber lebih suka kalo kita minimal punya sertifikat B2. Tapi dengan ZD (B1) tetap bisa kerja koq.....cuman ijazah S1 dan S2 kita blm tentu akzeptieren di sini, sebelum punya sertfikat B2 atau sertifikat Test Daft.....oke....viel Erfolg.....

    ReplyDelete