Tuesday, January 5, 2010

Nasi Uduk Betawi


Description:
Makanan pagi yang bukan menu barat...sebagai kado ulang tahun untuk salah seorang teman baikku.
Neng Rina Yanti Perpatih.

Akhirnya aku buatkan nasi uduk betawi.
Ini sumber resepnya......yang aku ikutin persis....
NASI UDUK

Link tsb menggunakan beberapa bumbu bubuk, aku menggunakan bumbu segar.
Sisanya .....full sama dg link tsb dan aku cuman terjemahkan saja di sini...

Jangan ragu-ragu untuk mencoba...karena enaknya sama dengan nasi uduk yang kami makan di beberapa tempat di Jakarta.

Catatan :
aku menggunakan rice cooker.


Ingredients:

Bahan Nasi uduk :
3 cup beras
1 batang sereh dibagi 3 bagian, digeprek
3 cm jahe segar, digeprek
1,25 sdt garam
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt bawang putih bubuk, (aku pakai : 1 siung bawang putih besar dihaluskan)
300 ml santan instan
air tambahan hingga mencapai batas utk 3,5 cup pada rice cooker.

Bahan Sambal Kemiri :
15 butir kemiri
2 buah cabe tanjung
6 bh cabe rawit/cabe thailand
4 lbr daun jeruk
3/4 sdt garam
3 sdt gula pasir
1/4 sdt bubuk kencur (aku : 1 cm kencur segar)
1 sdt cuka
100 ml air matang


Directions:

Nasi uduk :
1. Campur semua bahan pada rice cooker.
2. Masukkan santan dan tambah air hingga batas angka 3 cup ditambah 0,5 cm pada rice cooker.
3. Nyalakan rice cooker dan masak hingga matang.

Sambal Kemiri :
1. Panaskan sedikit minyak, lalu gorenglah sebentar : kemiri, cabe tanjung dan cabe rawit/cabe thailand
2. Haluskan semua bahan (kecuali daun jeruk) dengan menggunakan blender.
3. Sambal kemiri siap disantap.

Pelengkap :
- telur dadar
- ikan teri medan
- kacang tanah goreng
- ketimun
- bawang goreng

Guten Appetit !

Photobucket

Kami makan dengan ayam bakar taliwang

12 comments: