Thursday, June 12, 2008

Minum Kopi, yuuk!

Beberapa hari ini susah banget membuka link berita online tentang tanah air.
Koneksinya sangat lambat, sehingga aku tidak bisa membaca dengan nyaman berita-berita terkini.
Yaa..apa boleh buat ...untuk menghibur hati lebih baik menulis tentang yang aku suka dan berbagi di sini.

Tentang minum kopi.....


Sebenarnya sehat nggak sih?
Aku dulu menasehati  boss - ku di kantor, kebetulan perempuan. ( I miss U, Bu!)
Bu, perempuan nggak boleh terlalu banyak minum kopi. Mempercepat Osteoforosis.

Berkali-kali aku ingatkan begitu, tapi boss ku cuma senyum dan menjawab.
Tidak apa-apa kalau cuma secangkir sehari.
Akhirnya kami sering berdiskusi tentang kopi.
Tiap ada makalah tentang kopi, selalu kami bahas. Kebetulan salah satu hobby kami yang sama adalah membaca artikel ilmiah yang ringan-ringan.
Karena kami sama-sama lulusan fakultas sains meureun yaaa....dia dari jurusan kimia and aku dari jurusan fisika. Juga sama-sama ultah bulan oktober ha..ha..ha.. apa hubungannya yaa??

Berikut ini, aku bagikan tentang kopi, manfaat serta bahayanya...yang bahaya itu adalah kandungan cafeinnya....udah pada tahu kan?......


Hasil diskusi kami, yang nggak akan terlupakan :
1. Maksimal dua cangkir kopi sehari dapat meningkatkan kadar hormon adrenalin sehingga kita akan semangat bekerja dan kemampuan fisik meningkat.
2. Lebih dari 2 cangkir sehari, maka kelebihan kadar hormon adrenalin tersebut akan memanipulasi syaraf kita, sehingga syaraf kita tidak menyadari peringatan bahwa tubuh kita sudah sangat lelah dan harus beristirahat.
3. Penderita tekanan darah tinggi dan insomnia (gangguan tidur) sangat tidak dianjurkan minum kopi karena cafein konon dapat  memperberat kerja jantung dan pusat susunan syaraf.
4. Cafein dapat memperberat kerja ginjal karena memicu produk urin yang berlebihan, sehingga penggemar kopi dianjurkan untuk juga banyak mengkonsumsi air putih, agar tubuh tidak kekurangan cairan.
5. Kelebihan cafein dalam tubuh dapat mempercepat proses osteoforosis.
6. Pengaruh langsung dari kelebihan cafein adalah :
    sulit tidur dan tetap merasa segar, sakit kepala dan sering buang air kecil.
7. Bagi penderita tekanan darah rendah, konon.....mengkonsumsi secangkir kopi merupakan pertolongan pertama ketika tekanan darahnya drop.
8. Kandungan cafein paling banyak terdapat dalam kopi instan.....kesukaanku nih.....
9. Kandungan cafein terendah terdapat dalam kopi tubruk....yang bubuknya sudah mengendap.

Jadi, boleh dong minum kopi asal..................................................................

Minum kopi, yuuk!

Walaupun internet lambat, ada lagi sesuatu yang menghibur hati....

Hari Selasa siang, akhirnya.................................................
Paket yang aku pesan dari tanah air tiba juga di rumahku di ujung dunia ini......
Isinya sesuai pesanan dan diantaranya adalah kopi kesukaan suamiku.

Setiap pagi suamiku selalu sarapan pagi. Dan harus hidangan yang tidak berat.
Di Indonesia, aku biasa menyediakan pisang goreng, ubi goreng dan roti tawar celup telur kocok... yg kemudian digoreng pake Blue Band di atas teflon.....(ternyata mirip dengan toast yang Dessy-Kerinci12 bikin....wah....jadi sebenernya itu hidangan asli perancis ya, kalo plus susu cair he..he..)

Tapi satu yang tidak boleh diganti, minumya harus kopi ini.

Kira-kira sebulan yang lalu, persediaan kopi ini habis.
Tapi suamiku tetap keukeuh (baca: harus) minum kopi.
Jadilah...aku mencoba-coba yang kopi di sini.
Ini :

dan yang 2 ini :

Yang lumayan cocok kata dia adalah Espresso plus 8 sdt susu murni panas.

Nah, kalo aku lain lagi.
Entah  kapan yaa....aku mulai senang minum kopi. Padahal seingatku.....dulu aku paling anti minum teh, kopi atau apa saja yang mengandung gula.
Soalnya berat badanku sangat gampang naik.
He...he..he...turunan overweight sih....
Di Indonesia, aku sangat suka minum kopi ini :



Tapi semua kopi 3 in 1....yang bermunculan di Indonesia sudah aku coba dan aku suka semua.
Makanya, ketika persediaan kopi 3 in 1  yang kami bawa dari Indonesia habis.....aku nggak repot.
Aku segera mendapat penggantinya di sini, yaitu yang tadi itu  : Jacobs 3 in 1  dan Espresso.

Kalo
Espresso.... tinggal ditambah 8 sdt susu cair panas seperti yang aku buatkan untuk suamiku.

Tapi ....sekarang untuk suamiku ........sudah ada si Kapal Api  kiriman dari Indonesia. Mantap!


9 comments:

  1. dasarrr mentang-mentang ada kopi kapal api hahahaha....
    gue kopi LIDL wehhh hahaha :D

    ReplyDelete
  2. ha..ha...ha...belum tergantikan euy.....

    ReplyDelete
  3. Sann..., ada KAPAL API dirumah, ngopinya makin matappp...! :D

    ReplyDelete
  4. Yoooooooooo... ikutan ngopi bareng dong Sann.... :;-D

    ReplyDelete
  5. COffemix itu kesukaanku jg **mau dunk **, hahaha...

    tapi,..
    tiap hari aku kerja di Cafe&Conditorei jadi tiap hari minum Latte Macciato, campuran susu&espresso.
    ditambah 1 cangkir kopi, buat semangatin jiwa&raga,hehehe...

    Soale aku bukan penggemar susu seeh, jd susu dicampur espresso itu wah...rasanya enak tenan booo...

    TFS,Kak..GBU & have nice weekend.

    ReplyDelete
  6. Asik euy jadi tau......espresso campur susu .....Latte Macciato ya namanya..
    Ha..ha..ha...keren euy....berarti yg aku buatkan for suamiku waktu si Kapal Api blm nongol.... latte macciato yaa!
    GBU, Nora.....
    Btw.....si abang-mu itu....sudah bisa makan saksang belum, Nor? he..he..

    ReplyDelete
  7. Hasianku **spitze nama buat my darling ** udah pernah dunk mkn saksang sewaktu di Bandung,heheh..

    Mantaff "katanya" --- malah dia nambah teyus...hehehe (asal nga tlalu pedas)
    Ayoo kpn nih Kak buat saksang, undang2 aku yah...aku mah siap ngabisin dah, wakakak..

    ReplyDelete
  8. ha..ha..ha...sip lah dia. Lulus jadi menantu org Batak he..he..
    Boleh atuh...kapan2 janjian ya!

    ReplyDelete