Thursday, April 8, 2010

MVB#11 Jajanan Pasar : Kue Lapis Surabaya

Description:
Logo


Akhirnya aku bisa juga posting resep ini untuk MVB#11, yang kali ini giliranku jadi hostnya.
Aku menemukannya dari link ini . Dan menunggu dulu jawaban dari yang punya...camelia...untuk aku posting.
Bahannya simple tapi butuh telur banyak banget.
Cara bikinnya pun amat simple.

Loyang yang aku pakai ukuran, loyang kecil ukuran : 22 cm x 8 cm x 7 cm

Photobucket


Ingredients:

untuk adonan tengahnya, kubuat 1 kali:
5 kuning telur
50 gr gula pasir
50 gr margarine/butter
25 gr terigu (segitiga biru, di jerman type 405)

Adonan coklat, dibuat 2 kali :
5 kuning telur
50 gr gula pasir
50 gr margarine/butter
50 gr terigu protein sedang (segitiga biru, di jerman type 405)
1 sdm pasta coklat


Directions:
1. Letakkan kertas roti pada dasar loyang dan pinggiran loyang dioleskan dengan margarine tipis-tipis dan taburi terigu tipis-tipis juga.
2. Kocok margarine/butter hingga menjadi lembek, tidak kaku lagi.
Sisihkan.
3. Kocok kuning telur dan gula dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang dan kaku. (Cirinya : sekental cream).
4. Masukkan kocokan margarine, aduk rata sebentar dengan mixer kecepatan rendah.
5. Kemudian masukkan tepung terigu dan aduk merata sebentar dengan mixer kecepatan rendah.
6. Tuangkan pada loyang, dan panggang selama kurang lebih 20 menit pada oven dengan panas 180 derajat. (Oven telah di panaskan 5 menit).

Adonan coklat sama dengan adonan kuning, tinggal ditambah pasta coklat pada langkah terakhir dan aduk merata sebentar dengan mixer kecepatan rendah.

Penyelesaian : tumpuk ke 3 kue, tengahnya diberi selai strawberry untuk lapisnya.
Catatan :
1. Sayang teksturnya agak ada yang bolong...aku masukin 1/2 sdt baking powder, seharusnya jangan, sok kreatif sih ye...he..he..(resep di atas sudah kuhapus baking powdernya).
2. Tiap oven bisa berbeda waktu panggangnya.
Mungkin kita harus mempelajari sifat oven kita masing-masing....

22 comments:

  1. ini lapsur irit telur ya mba...?
    aku dah pernah nyoba juga tapi lapis coklatnya yg di tengah...
    belum bikin lagi ..,nanti kalo bikin di posting juga ...

    mmm...jadi kangen lapsur....,
    kalo buat sendiri selalu pake yg irit telur...,kl untuk pesenan pakenya yg buanyak telur he....he..he...

    ReplyDelete
  2. iya irit telur, harusnya 30 telur wi. Sok posting...asik dapet perbandingan resep, Kemaren setengah mati cari resep yg kira-kira enak dan bisa kubikin.

    ReplyDelete
  3. duh pasti ini enak banget untuk teman minum teh pas ujan2 begini....

    ReplyDelete
  4. pdhal aku ada bumbu speku da.
    pengen nyoba tp yg makan paling aku ama anak.
    kl suami ngak mau makan yg banyak kuning telor.
    da minta fb nya....

    ReplyDelete
  5. enaaak...hati2 kolesteerol utk kita....he..he..

    ReplyDelete
  6. waw T O P,aku takut duluan mau nyoba yang ginian,mintak aja dech mba..

    ReplyDelete
  7. pasti dikau bisa yen, cobanya pake loyang kecil dulu...kayak aku....btw...bolehlah..kubagi untukmu he..he..

    ReplyDelete
  8. maunya dikirim ke sini....nggak mau kalo cuman liat fotonya

    ReplyDelete
  9. hahahaha.....kumaha atuh cara na..

    ReplyDelete
  10. Minta sepiring dink say met weeken yah sayang

    ReplyDelete
  11. boleh banget.....have a nice weekend juga ya say

    ReplyDelete
  12. emang ngeri ya kalo buat cake indo..ga tahan ama telurnya yg segambreng..hehehe..
    pasti lekker neh..

    ReplyDelete
  13. iya bener..kolesterol tinggi....lekker sich..legit....

    ReplyDelete
  14. sampe sekarang belom ada nyali buat bikin lapsur.. telornya itu yang ga tahaaann...
    tapi yang ini kayaknya lebih irit ya mba?

    ReplyDelete
  15. bisa dibilang begitu... tapi ini untuk loyang kecil cuman 22x8x7...telornya totalnya 15 butir...wow..menurut aku udah buanyak juga....:)

    ReplyDelete
  16. ah iya, ngga teliti bacanya heheh.. bener juga mba, loyang segitu tapi telornya 15 sih masih buanyaak banget :D

    ReplyDelete
  17. makanya...sof...aku mikir-mikir mo bikin ginian..takut aku dan suamiku kolesterol...maklum...udah teu muda deui..

    ReplyDelete
  18. wah lapis surabaya memang menggoda, ini salah satu favorit sy , btw asli mana mbak :)
    tfs ya

    ReplyDelete
  19. menggoda...tapi kudu hati2 mengkonsumsinya :)......aku asli sumatera utara, asri....tapi lahir dan besar di bandung..sampai akhirnya di Nov 2007 pindah ke bremen.........dan kudu masak segala sesuatu a la indo sendiri.....kenapa..? he..he..kamu sendiri..asli mana..? sunda kah?

    ReplyDelete
  20. aku belum pernah bikin mbak ... kalo baking jenis beginian orang rumah kurang doyan , termasuk aku ... apa lagi yg telorny kudu banyak :) tapi kalo liat resep yg ini telornya dikit ya mbak ... dicontek ah ... mudah2an orang rumah jadi suka ...thanks sebelumnya :)

    ReplyDelete
  21. wah...tapi ini juga telornya buanyaak..loyangnya kecil banget...tapi telornya 15 biji. Teuteup banyak telur. Ini adalah baking pertamaku dengan telur segambreng..(pinjem istilah susy..he..he.,.).
    Akupun tak pernah bikin yg banyak telur gini..maklum..udah nggak muda lagi.
    Tapi untuk memenuhi semangat belajar baking-ku....proyek selanjutnya..aku pengen bikin lapis legit.
    Liat nanti...sapa yg mau memakannya..:))

    ReplyDelete