Wednesday, May 6, 2009

MFM#2 Edisi Mei 2009 : "Makanan/Minuman Favoritmu"


Description:
Mpek-mpek Lenggang dan Lemon Tea Hangat

Turut serta meramaikan MFM#2 Edisi Mei 2009 : "Makanan/Minuman Favoritmu" yang di host oleh ELSYE......salam kenal yaaa...
Aku membuat MPEK-MPEK LENGGANG yang adalah makanan favoritku.
Ditemani LEMON TEA yang adalah salah satu minuman favoritku juga.

Resep asli mpek-mpek aku peroleh dari "neng yeni yulinda, ottawa....yang sedang menghitung hari......thx ya yen...."

Dan sejak itu sangat sering aku bikin...dan kemarin aku bikin lagi untuk event ini....

Kalau lemon tea hangat, semua pasti bisa membuatnya.....
Teh hangat manis, tambah perasan lemon yg banyaknya sesuai selera.

Photobucket

Di dapurku ....hasil diskusi dengan yeni tahun lalu....jadinya.....begini :


Ingredients:
400 gr pure ikan tenggiri (di toko Asia Bremen tersedia siap pakai)
400 gr tepung tapioca
6 siung bawang putih,haluskan
175 cc air
1 sdm gula
garam secukupnya

- telur secukupnya utk membuat mpek-mpek lenggang

Cuko :
400 cc air
150 gr gula jawa
1 potong asam jawa....kira-kira 1 sdt penuh....
3 siung bawang putih, dihaluskan
3 bh cabe thailand
1/2 sdt garam

Pelengkap :
- mie, direbus hingga matang, tiriskan
- timun, dipotong kotak kecil-kecil
- ebi......aku tidak punya...


Directions:

Cuko :
1. Rebus air dengan gula jawa, hingga mendidih.
2. Masukkan bawang putih dan cabe yg telah dihaluskan.
3. Tambahkan garam dan cuka.

Mpek-mpek :
1. Aduk sampai merata dan kalis : pure ikan, air, bawang putih, gula dan garam.
2. Simpan dalam kulkas selama 1 jam
3. Setelah itu, masukan sedikit demi sedikit tepung tapioka sambil diaduk merata....(cirinya : adonan sdh nggak nempel ditangan dan nggak susah lagi dibentuk....)
4. Bentuk sesuai selera....aku bentuk bulat memanjang utk mpek-mpek lenjer.
5. Rebus adonan yg telah dibentuk tsb dalam air mendidih,angkat jika sudah mengapung. Tiriskan.
6. Ambil satu batang empek-mpek lenjer, potong-potong selebar kira-kira 1 cm.

Photobucket
7. Kocok sebutir telur dengan sedikit garam, masukkan 10-12 potongan mpek-mpek tadi ke dalam kocokan telur....diamkan sebentar hingga mpek-mpek menyerap cairan telurnya.
8. Dadar telur tsb dalam minyak panas sedang..hingga telur matang......
9. Tata pada piring dengan mie dan timun di atasnya.....
10. Siap dinikmati...

Guten Appetit...!


Photobucket

Photobucket


12 comments:

  1. sedap.... mau donk mbak sannyo

    ReplyDelete
  2. hiksssss,nangisssss..
    aku pengen,tapi lagi males bikin nih say..

    gambar yang paling bawah bikin gw terkapar liatnya,segarrrrrr...

    ReplyDelete
  3. AMPUN EDA BIKIN NGINCES AJA......

    ReplyDelete
  4. kak...ikan tenggiri teh naon bhs jermannya? di toko asia namanya apa? jadi ngilerrr nih...mo bikin juga!!

    ReplyDelete
  5. iya ya yen, lagi nungggu hari...pasti pengen....btw...thanks deui ya..

    ReplyDelete
  6. nanti aku foto-in ya.....aku lupa namanya....bikinnya gampang banget ret...

    ReplyDelete
  7. makasihhh ya udah ikutann :D ...duhh mesti nyontek nih rsecara aku doyan empek2...:D

    ReplyDelete
  8. wahhhh empek-empek kebetulan aku lagi nyari resepnya..
    boleh di contek gak..?
    lam kenal

    ReplyDelete
  9. boleh donk shelvy.....aku juga dapat dari yeni thn lalu...

    ReplyDelete