Thursday, May 29, 2008

Mpek2 Lenjer A la Yeni


Description:
Ini resep asli ngikutin punya Neng Yeni
And sempet nanya - nanya juga via PM........gimana kalo jml ikannya ditambah...
Jadi, aku salin lagi aja yaa...
Kalo bikin cuko...pasti udah pada bisa, soalnya gampang banget. Kalo belum pernah...silakan berkelana di cyber home Yeni...he..he..boleh kan ...Yen?...


Ingredients:
400 gr pure ikan tenggiri (di toko Asia Bremen tersedia siap pakai)
400 gr tepung tapioca
6 siung bawang putih,haluskan
175 cc air
1 sdm gula
garam secukupnya


Directions:
1. Aduk sampai merata dan kalis : pure ikan, air, bawang putih, gula dan garam.
2. Simpan dalam kulkas selama 1 jam
3. Setelah itu, masukan sedikit demi sedikit tepung tapioka sambil diaduk merata....(cirinya : adonan sdh nggak nempel ditangan dan nggak susah lagi dibentuk....)
4. Bentuk sesuai selera.
5. Rebus adonan yg telah dibentuk tsb dalam air mendidih,angkat jika sudah mengapung.
6. Goreng dengan Minyak panas


catatan :
1. Tips dari Yeni : kalau bentuk lenjer-nya berukuran besar, potong-potong dulu sebelum digoreng (aku juga ikutin).
Photobucket
2. Tips dari resep otak-otak Letty : jangan lupa balur tangan dengan tepung tapioka ketika membentuk adonan (utk mempermudah)

16 comments:

  1. wah lekker.....belum pernah maem..hihihihihihihihhi

    ReplyDelete
  2. cobain Nol....pasti langsung sukse!

    ReplyDelete
  3. duh enak nyo... gue mo bikin juga tapi keliatannya banyak kerja :)):))

    ReplyDelete
  4. gak pernah bosen......gue udah berapa kali bikin....

    ReplyDelete
  5. jadi juga nih say,gimana suksess nggak bikin lenjernya..
    ntar kalo masih ada bikin lenggang..

    kalo masih ada lagi simpan,ntar tak sharing resep olahan mpek2 lenjer lagi,mau nggak..??

    ReplyDelete
  6. sukses Yen sukses!......mau dong resep lainnya.....mau...
    thanks ya, Yen.

    ReplyDelete
  7. sipp,ntar dech bikin dulu lenjernya,ntar diolah ya,hahaha..

    ReplyDelete
  8. wah, enak emang makan pempek. gak pernah bosen.
    mau dong nyo, resep otak-otak, tekwan, minta ke yeni
    gue pingin bikin. misua gw, gw, netha seneng banget pempek, otak2, tekwan. taro di mp gue lagi yahhhh
    hahahhhhhhhhhhhhh

    ReplyDelete
  9. wah, enak emang makan pempek. gak pernah bosen
    mau dong nyo, resep otak-otaknya..
    gue pingin bikin. misua gw, gw, netha seneng banget otak2...
    taro di mp gue lagi yahhhh

    ReplyDelete
  10. semoga yeni ikut baca........da dia pinter bikin makanan...

    ReplyDelete
  11. Wah... ada mpek mpek disini... lari dulu ah ngambil mangkok... :-D

    ReplyDelete
  12. hi..hi..hi...di join-in sama tahu buncis?

    ReplyDelete
  13. Mampir ke "recipe" nya kakak bikin lapeeeeeer :)

    ReplyDelete
  14. seneng makannya..,males bikinnya...hi..hi...hi...
    dah lama juga ga bikin mpek2..,karena belum nemu resep yg sreg...,nanti mau nyoba ah resep di sini...
    makasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  15. cobain deh resep a La Yeni...mantap...aku sangat sering bikin setelah nemu resep yeni ini.

    ReplyDelete