Wednesday, May 28, 2008

Tidak ada yang tidak bisa terjadi.........Krismon di negara adi daya

Tadi malam ketika menemani anak-anak belajar, tiba-tiba dari ruang komputer, terdengar suara suami sedang tertawa terbahak-bahak.
Penasaran, aku hampiri dan tanya, ada apa sich...meni asik gitu ketawa-nya. Istri lagi ribet dengan PR anak2.


Ternyataa....di tayangan TV di internet.... ada berita kejadian di Amerika yang sama dengan kejadian di Indonesia ketika sedang hebat-hebatnya dilanda krisis moneter.
Seperti kita ketahui, saat ini perekonomian di Amerika sedang terpukul oleh krisis yang berkepanjangan...untuk ukuran negara maju. Itu ditandai dengan penurunan indeks saham di bursa efeknya....penurunan prosentasi pajak dan meningkatnya bunga bank.
Persis seperti saat Krismon di Indonesia.
Dan sektor yang paling terpukul.....sama juga dengan di Indonesia....yaitu sektor properti.

Berita kejadian yang membuat suamiku tertawa-tawa adalah......terjadinya pencurian papan reklame, besi-besi yg numpuk di sekitar rel kereta api, kabel-kabel yang terbuka, meteran2 pengukur listrik dan air minum....bukan hanya di Indonesia saja tapi kejadian juga di Amerika sono.
Nggak nyangka ya.... negara adi daya.
Aku jadi ingat, banyak teman-temanku yang amat mengagung2kan negara adi daya itu. Padahal mereka orang Indonesia asli. Seakan negara tsb tidak punya cacat cela.
Bahkan, tidak banyak orang dari sana yang memandang Indonesia dengan sebelah mata dan merasa aneh dengan kejahatan-kejahatan spt pencurian fasilitas umum....... bisa terjadi di Indonesia.
Tapi, ketika krisis melanda.....................apa yang mereka pikir tidak mungkin terjadi di sana............ternyata terjadi.
Jadi ingat juga, ketika Amerika diingatkan bahwa permainan valas tingkat tinggi seperti yang diduga dilakukan oleh pemain valas dunia yang sempat berperan menghancurkan negara-negara di Asia Tenggara.....bisa terjadi di negara adi daya itu.....
Ketika itu, pakar ekonomi di sana cuma tertawa..................
Dan konon sekarang......mereka mulai membenahi peraturan perbankan dan hukum yang mengatur juga soal valas..................

Konon juga, kebiasaan invasi negara ini.....yang katanya membela kepentingan dunia.....cukup menguras anggaran sektor lain, termasuk sektor perekonomian di negara tsb.

Semoga krisis berat yang saat ini memukul perekonomian negara tersebut...bisa menjadi pelajaran berharga buat siapapun juga.
Baik pelajaran moral......maupun pelajaran bisnis  and etikanya....
And Indonesia....bisa melewati masa sulit karena terkena imbasnya.....
Aku yakin tidak seberat krisis yang dimulai thn 1997 lalu...dan rakyat Indonesia bisa.

Einen Schönen Tag noch
ihre


Sannyo

11 comments:

  1. sipp setuju banget sama tulisannya mbak..

    ReplyDelete
  2. semogaa....krisis segera berlalu juga di amerika...

    ReplyDelete
  3. Kalau yg namanya perut udah laper akibat krisis... apa aja bisa dilakukan termasuk yg gak halal.. contohnya ya itu.. mencuri, merampok.. dimana mana bisa terjadi,.. yg gak disangka2 juga Amerika itu.. ck ck.ck.. Mudah mudahan Jerman gak kaya gitu ya Sann... Kalau disini udah gak aman bisa berabe deh...

    ReplyDelete
  4. yang beriman aja bisa berbuat kotor, apa lagi yang ga beriman.........

    ReplyDelete
  5. yang beriman aja bisa berbuat kotor, apa lagi yang ga beriman.........

    ReplyDelete
  6. orang nekad bukan karna sadar, tapi karna ga sadar.....

    ReplyDelete
  7. Nora, bitte schön.........ajarin yaa....Deutsch ist schwer für mich....es gefällt mir aber ganz gut.

    ReplyDelete
  8. ayo Indonesia bisa ...!
    pasti bisa..!

    ReplyDelete