Saturday, May 3, 2008

Sepenggal Obrolan Dengan Jonathan

Rabu siang, Sepulang mengambil buku dari Rolland Centre, Huchting. Aku dan Jojo berpapasan dengan rombongan orang yang berasal dari negara Timur Tengah.
Kebetulan aku sudah pernah kenal dengan salah satu diantara mereka.
Jadi seperti biasa aku menyapa "hallo". Dan dia juga menjawab "hallo" dan "Tschüs".
Aku memanggil Jonathan dengan panggilan sayang Jojo

Ketika rombongan itu sudah berlalu.

Jojo   : Mama kenal dengan orang itu?

Aku   : ya, tau lah...pernah datang di Mama Lernt Deutsch
            (program kursus bahasa jerman, kostenlos, difasilitasi oleh menteri
             pendidikan sini.)


Jojo   : tapi kenal?


Aku   : nggak begitu, tapi kan pernah ketemu.

Jojo   : sekarang masih suka ketemu?


Aku   : nggak, soalnya dia sudah nggak pernah datang lagi. Dia masuk kelas kursus ABC
           (penduduk Bremen yang berasal dari Timur Tengah, walaupun sudah belasan tahun
            bahkan puluhan thn tinggal di sini, banyak yang tidak bisa membaca dan menulis.
            Sehingga pemerintah Bremen, memfasilitasi dgn memberikan kursus gratis menulis
            dan membaca serta berbahasa jerman)


Jojo   :  Oh, dulu dia salah kelas ya


Aku   : bukan salah kelas, tapi sekarang memang dipisahkan antara yang sudah bisa baca,
           dengan yang belum bisa baca.

Jojo   : jadi, udah nggak sekelas sama mama?


Aku   : ya enggaklah...mama kan bisa baca

Jojo   : mama bisa baca tapi mama nggak bisa ngomongnya ya


Aku   : iya

Jojo   : koq mama nggak ikut kursus ABC


Aku    : kenapa gitu jo? kan mama bisa baca....
            ( bahasa jerman hampir 100 persen sama cara baca nya dengan bahasa indonesia)

Jojo   : kan mama masih suka salah baca. kalo ngomong Zu  (bca : su),   mama suka
            bacanya cu.


Aku   : senyum.....diem....bete...........dasar jojo..


Liat deh...anak sekarang mah...kritis...

3 comments: