Tuesday, April 28, 2009

Nasi Tumpeng


Description:

Ini aku bikin barengan dengan kak rossy. Tapi biasaa....banyakan kak rossy yang kerja...he..he..

Aku dibekalin cetakan tumpeng dari Bandung oleh teman baik ibuku.
Tante Magda Timoransong......(bener teu ya..nulisnya).
Ternyataaaaa.....sangat berguna...thanks ya Tante....

Photobucket


Ingredients:


8 canting rice cooker beras
2 sdt kunyit bubuk
750 ml santan cair instan
2 lbr daun pandan
2 lembar daun salam
2 batang serai dimemarkan
2 sdt garam...atau secukupnya...
1 sdt air jeruk nipis


Directions:


1. Cuci beras hingga bersih dan tuangkan ke dlm wadah rice cooker
2. Masak santan hingga mendidih beserta daun pandan, salam, sereh.
3. Campurkan rebusan santan tadi dengan beras yg telah dibersihkan. Tambahkan air hingga batas garis angka 9 yg tertera pada rice cooker, kemudian masukkan garam dan kunyit bubuk. Aduk hingga merata.
(Bisa dicicipi utk test bumbu).
4. Masak hingga matang.
5. Dinginkan......lalu masukkan ke dalam cetakan tumpeng sambil dipadatkan.
6. Kemudian balikkan pelahan-lahan.
7. Nasi siap dihias.

Selamat mencoba.......

Photobucket

16 comments:

  1. tetep ngiler.. jadi pengen bikin nasi kuning ama lauknya yg komplit :D:D

    ReplyDelete
  2. achhh bikin lapar,mba baru tau kalo nasi tumpeng tuh ada cetakannya,hahhaha..
    *kuper dah aku*

    ReplyDelete
  3. wadohhhhhhhhhh,,,,,,,,, leh kita dateng kerumah ??????//
    ntuk nyantap makanan nya , , laperrrrrrrrrrr ,

    ReplyDelete
  4. AKU ADA CETAKAN TP MALAS BIKINNYA EDA.
    INI AJA AKU ANGKUT KERUMAH SEMUA :)

    ReplyDelete
  5. wah..., hebat deh kamu Sann. Aku mah boro-boro bisa bikin yang rumit gini

    ReplyDelete
  6. aghhhhhhhhhhhhhh..kak sanyooooooooooooo bikin ngilerrrrrrr ajahhhhhhhhhhhhhhh...

    ReplyDelete
  7. mau mau mau ...kapan udangannya nih :D

    ReplyDelete
  8. Rajin bener sih kak..salut deh ma ibu yg atu ini.Bikin ngiler aja tuh nasi tumpeng, menunya komplit lagi jadi pengen hiks..hiks..hiks..

    ReplyDelete
  9. ribet ya, kudu ada temen..he..he..nanti juli ya

    ReplyDelete
  10. aku taunya ...cetakan tumpeng yang dari anyaman itu lho...

    ReplyDelete
  11. nanti aku temanin masaknya eda...:)

    ReplyDelete
  12. aku juga sambil belajar sama temenku itu Des...kudu ada temen...

    ReplyDelete
  13. ayooo mama anie....try buat your hubby...pasti suka he..he..

    ReplyDelete
  14. masaknya kudu rame-rame, mar. Biar semangat....ayo kutemani..he..he..

    ReplyDelete