Wednesday, August 20, 2008

Mengenang Papa Kami Berenam

Membaca postingan Yeni Yulinda tentang bapak...............aku jadi teringat papa ku............
papa kami berenam......yang kalau menulis tentang papa.........

Pastilah tulisan kami berenam akan sama.......

7 Agustus yang lalu, menjelang ulang tahun papa...
yang jatuh tiap tanggal 10 Agustus.....
aku kangen arsik ikan emas masakannya.
Kalo dulu aku suka cuek dengan arsik papa......
saking seringnya masakin arsik ini buat kami.....
sekarang aku harus bikin sendiri.....sambil kangen sama beliau....




Papa sangat memanjakan ke-enam anak perempuannya. Semua anak merasa dekat dengannya.
Sekarangpun.....jika kami online ber-enam dan membicarakan tentang papa.....
masing-masing kami merasa sebagai anak yang paling diperhatikan olehnya.

Aku ingat cerita sedih wisudaan papa, tahun 1979............
Perjuangan pegawai negeri yang ingin mencapai gelar sarjana sambil bekerja......sementara sudah menikah dan mempunyai anak...
Ketika papa harus sidang dan akhirnya diwisuda......tapi harus membayar dan tidak punya uang.
Berusaha meminjam kepada adiknya yang waktu itu sangat kaya raya di Kendari, namun tidak berhasil.
Akhirnya papa menghadap kepala kantornya yang kemudian memberi pinjaman dengan pembayaran yang dicicil.

Aku ingat, bulan-bulan menjelang ujian akhir sekolah menengah atas, ketika aku belajar sampai larut malam......secangkir teh manis panas selalu diantarkan ke meja belajarku.

Papa seperti ini ada .... tapi pasti langka.

Sampai kami mahasiswa.......papa yang selalu mempersiapkan sarapan pagi lengkap dengan teh manis untuk enam anak gadisnya....
Bener-bener langka......walaupun agak tidak mendidik......karena waktu itu kami jadi manja dan tidak bisa memasak.

Ketika aku memutuskan menerima Ramces, sebagai teman dekatku...
papa yang paling semangat.....ingin ikut membantu menuliskan surat cinta he..he..he..aku juga jago atuh pa.....

Ketika pernikahanku makin dekat......
papa adalah orang yang paling heboh mempersiapkan semuanya untukku....
menghadapi peraturan-peraturan pernikahan adat kami di Bandung...
mengaturnya ...sehingga jam antara undangan resepsi dengan undangan adat bisa terpisah pada hari yang sama.......dan benar-benar terpisah........untuk tahun itu, adalah untuk pertama kalinya di Bandung......

Mengenang  papa dan hebohnya papa waktu persiapan pesta pernikahanku.........

Mantan pacar, yang sekarang sudah jadi suamiku, nurut banget sama papa.
Apalagi...kedua orangtuanya...sudah tiada...............
dan bersyukur juga pacarku itu orangnya enggak ribet dgn adat, tapi sejauh masih bisa diikuti dan nggak melanggar agama.....ya ikutin aja...

Apapun yang papa mau untuk jalannya pestaa...dia oke saja. Baik soal waktu, biaya, cara negosiasi dg marga Hutapea....semuanya dia serahkan pada papa.
Papa kayaknya senang banget.

aku inget, pas habis acara....kami berdua dipanggil ke kantornya. Waktu itu di KTUA 2, jalan surapati yang depan jalan gagak.
Papa cerita soal pengeluaran uang pesta dan......soal uang yang diperoleh dari tamu...
alias kado.
Kata papa, semua beres dan.......kami berdua kebagian.....
waktu itu th 1995.... kebagian Rp 300.000,-.......lumayan.......


Ketika aku akhirnya sudah menikah dan punya anak, papa setiap hari, jam istirahat kantornya... datang ke rumah kami, menengok cucu pertamanya.
Setiap hari....tiada lelah.
Aku maklum.....apalagi waktu itu, rumah kontrakan kami dekat dengan kantornya,

Namun, ketika kami sudah pindah ke cimahi.......hampir setiap hari juga beliau datang ke cimahi...

Betapa papa sangat memperhatikan kami.
Anak, menantu dan cucunya.
Namun......yang berkesannya.....ketika kami merasa amat diperhatikan oleh papa,
ke enam adikku yang lain pun......sama-sama punya kesan yang demikian.

Penutup :
seorang staf papa di departemen keuangan Bandung pernah bertutur.....
Pak Sigalingging kumaha rek beunghar....aya nu rek mere duit...dibalikeun deui.
Ceritanya.....papa waktu itu mengurus pensiun janda dari seorang ibu yang sangat tua, yang sudah berbulan-bulan tidak dibayar.
Ibu tua itu pernah mendengar, bahwa papa orangnya mau membantu.
Karena papa bekerja di instansi terkait......papa membantu ibu tua itu.
Sebagai tanda terima kasih, ibu tua itu menitipkan sejumlah uang.
Tapi papa memerintahkan staf nya untuk mencari rumah ibu tua itu.....
di ujung berung...sangat jauh letaknya dari kantor papa.

Dan mengembalikan uang tersebut.

Setelah papa pensiun, banyak cerita semacam itu yang diceritakan
oleh mantan staf papa.......
Cerita yang sangat membekas bagi staf tersebut............
Dan bagi kami.......

Walaupun papa sudah tiada............................
Semua yang telah dia lakukan, segar dalam ingatan kami....

Walaupun waktu itu bersama papa......hidup kami sederhana........................
Kami bangga memiliki papa seperti papa.

16 comments:

  1. thx to me ini mah nyo, gue suruh papa pisahin undangannya, terus paksa papa ngomong di meeting acara kawinan elo spy dipisah... kan papa ngomong mah didenger :D
    kekek mah dudul gak nurut jadi kacau.. :D

    ReplyDelete
  2. Itulah Ortu ya say,terharu juga bacanya..
    Smoga Papa tenang di alamnya,aamiin..

    ReplyDelete
  3. Ceritanya menyetuh sekali mbak ttg pa2nya...
    Semoga masa2 indah bersamanya menjadi kenangan di hati & pikiran and sekeluarga...
    Beliau sdh berada di alam sana.... pasti jg akan bahagia jika melihat mbak serta keluarga bahagia hidupnya....Amin....

    ReplyDelete
  4. iya sip...sukses...setelah itu...semua acara adat temen2 lain, kayaknya susah misahkan undangan resepsi and adat yg pesta-nya pada hari yg sama....

    ReplyDelete
  5. terharu lho bacanya kak....bapak yg luar biasa! :)

    ReplyDelete
  6. bukan gitu pin. pas gue mah papa dah stroke.
    waktu malem papa tiba2 bangun mau periksa saksang aja, gue larang.
    gue bilang, udah pa, tidur aja. ntar kecapean. papa takut makanannya basi.
    buat gue, yg penting, papa gak boleh kambuh strokenya. harus istirahat.
    pas gue maried mah, papa dah stroke. jadi perhatian papa gak bisa full.
    memang klu sama papa semua bisa ok. cuma buat gue, yg penting
    papa gak kecapean ngurus pernikahan gue. yang pasti, papa di atas sana
    pasti seneng liat keluarga gue yg bahagia:)
    pengalaman hidup bersama papa, gak terlupakan.

    ReplyDelete
  7. setiap cerita-cerita ttg papa, gue bawaannya mau nangis aja.
    nih aja dah keluar air mata. kangen ama papa. maunya papa
    bisa jalan2 ke tiap kota gue pindah:) apa yg papa lakuin buat
    kita, gue coba lakuin buat anak2 gue.
    miss you pa...

    ReplyDelete
  8. ntar klo gw mau merit sapa yg heboh ngurusin yahhhhhhhh...coba ada papa....i miss him

    ReplyDelete
  9. Duuh yen...kelewat....thx ya yen utk inspirasinya...menulis ttg bapak

    ReplyDelete
  10. Duuh yen...kelewat....thx ya yen utk inspirasinya...menulis ttg bapak

    ReplyDelete
  11. tapi akhirnya merit juga ..he..he..sapa yg ngurus ya...he..he..

    ReplyDelete