Thursday, May 6, 2010

Takluk Sementara Pada Bolkus

Sudah 3 macam kucoba, resep bolu kukus dari internet yang tanpa emulsifier.
Semua tipsnya sudah kuikuti.
# panaskan panci kukus
# panaskan dulu cetakan

# tidak boleh dibuka tutup
Semuanya gagal. Gagal mekar .

Yang pertama rasanya tidak karuan, karena minuman bersoda yang aku coba adalah yang berwarna, yang ada di rumahku.
Dan yang parah, aku kukus pake cetakan muffin
Photobucket


....dasar sih...  dulunya aku ini sangat cuek dengan dunia bikin kue. Secara di kotaku....Bandung, segala jajanan enak tersedia di segala penjuru kota .
Keahlian bakingku cuma satu macem, yaitu simple black forest, yang kupelajari dengan cermat sejak tahun 1991, untuk tiap natal kukirim pada sang pujaan hati waktu itu .


Yang kedua....
aku mendapat pinjaman cetakan bolu kukus dari temanku di Hamburg.
Kucoba lagi resep yang pertama. Kali ini pake air soda asli plus cetakan bolu kukus.
Wah...rasanya kacau balau juga, karena aku kreasikan dengan adonan coco pasta yang terlalu banyak. Sehingga menjadi bantat.
Dan ...ternyata...kue kukus yang bantat......rasanya : kagak enak banget.

Yang ke 3....tanpa putus asa kubuat 2 hari yang lalu.
Pake air soda dan masih dengan resep tanpa emulsifier. Gagal mekar juga.
Tidak bantat dan  rasanya enak banget. Pake gula palem.
Selamat.......enggak masuk tempat sampah, karena suamiku doyan.  Photobucket

Hari ini....aku buat lagi...dengan resep lain, yang juga tanpa emulsifier.
Gagal mekar lagi.
Tidak bantat dan rasanyapun enak.

Jadi....tidak akan masuk tempat sampah....bahkan jadi teman minum kopiku sore ini.

Photobucket

Untungnya....masih pake untung....
harga bahan baku pembuat bolu kukus di sini amaaat murah.
Karena bahan pembuatnya adalah bahan keperluan pokok rakyat Jerman. 
Sebagian kupanggang....hm...mm..sedaap..
Photobucket


Jadi.....sementara ini aku stop dulu bikin bolu kukus...sampe aku dapet emulsifier.

Satu lagi....yang menghibur, bahwa aku tidak sendiri....
ketika aku searching bolu kukus di link jerman....ada juga orang jerman yang penasaran pengen bikin bolu kukus.
Dia curhat...mein Bolu Kukus lacht nicht !
Yang artinya : bolu kukusku tidak mau ketawa......sarua atuh...aya batur .
Dan dijawab sama ahli nya : mungkin bahan pembuat ketawanya ada di negara asal bolu kukus tsb.
(bener banget...karena bahan tsb tidak ada di toko-toko di Jerman. Kayaknya sih cuman ada di Toko Indonesia...dan mereknya pun...Koepe-koepo....menandakan bolu kukus adalah kue khas Indonesia).

Hidup Indonesia..!

Semoga ada yang mengirimiku emulsifier untuk bolu kukus... atau kubeli nanti di Bandung.



16 comments:

  1. hehehehe..patah hati yah ihihihi
    mba udah coba resep ku belom? kalo aku bikin gak pake soda.
    hemmm emulsifir tuh apa toh mba?
    dulu aku juga suka gagal...setelah iseng bikin gak pake soda malah jadi mekar merona...:)
    tfs tuh buat pake gula merah.aku coba deh yah

    ReplyDelete
  2. wah...aku segera melluncur ke resep mu....(*semangat lagi..*).

    Aku barusan liat...kamu ternyata pake levure de boulanger, yang adalah ragi instan dlm bhs indonesia. Berarti ada proses penyimpanan di tempat hangat, yg tidak kamu cantumkan pada resepmu...apa betul ya..? Kira-kira levure de boulanger = emulsifier gak ya..? (he..he..jadi bingung)

    Dan memang kalo kita pake emulsifier, tidak diperlukan lagi air soda.

    ReplyDelete
  3. woahahhaha ketawa baca tulisan bolunya ga ma ketawa..wkwkwk, tp kak, emulsifient itu setahuku buat melembutkan aja deh kayaknya tp engga buat mekarin...,coba pake ragi instant kak...,kayak diresepnya shelvy,trus biar bingung neh kak, yg masuk kategori emulsifier ntu kaya: tbm,vx,ovalet,sp,*aku taunya cm itu*tp tau deh banyak jenis bahan aditif yg bersifat emulsifier,sedang levure boulanger = ragi instant,moga ga bingung lg ya kak...muach...
    trus klo disini,ga tau klo digerman, klo mo beli ragi instant enakan beli ditoko roti*boulangerie klo nama disini*,biasa mereka jual yg kwalitas bagus dan ada yg sudah dicampur dengan emulsifier kak,coba iseng2 klo ada waktu tanya2 ditoko roti situ..hihihihiii

    ReplyDelete
  4. wah, aku mengkeret deh nggak jadi bikin. padahal kalo ngelihat resepnya kayaknya gampang banget kekekekkkkk

    ReplyDelete
  5. eda.. aku juga ga pake emulsifier.. tapi pake ragi instans..

    ReplyDelete
  6. Wahahahavi saya sampe ketawa bacanya .. Yg penting mah ngeunah jadi raos pisan jgn kuatir sis hehehe

    ReplyDelete
  7. tuhhhhh semangat lagi donggggg pake ragi instannya jerman aja...
    biar bolkusnya senyum a la jerman gitu...:)

    ReplyDelete
  8. thanks juga ya eda. Aku juga coba pagi ini. Mantap.

    ReplyDelete
  9. thanks sist, ngan panasaran..:)

    ReplyDelete
  10. thanks ya eda. Akhirnyaaa...yang ke 5...:)

    ReplyDelete
  11. hahhahaha.. rupanya.. pantang menyerah juga ya dikau..hihihihi
    gw udah buat 2x chiffon cake & ancur mulu..udah ogah nyoba lagi..( plus juga heran kok orang2 pada doyan ya..rasanya kayak makan kapas...hahhaha)

    ReplyDelete
  12. hahaha...sebenernya aku gak doyan bolu kukus, eda. Tapi tantangannya itu lho.
    Dan suamikupun, gak terlalu suka bolu kukus. Makanya aku berusaha keras bikin pake gula palem, krn dia suka harum santan dan gula palem. Lumayan...dia mau makan ini.
    Kayaknya....chiffon cake pun, akan ku jajal utk tantangan berikutnya. Walaupun..seisi rumah tidak terlalu suka kue ini.
    Asik dengan tantangannya. Pasti eda kapan2 panasaran dengan chiffon cake...(**aku yakin..**)..he..he..

    ReplyDelete
  13. ayo mbak semangat...
    aku juga berkali2 gagal waktu itu tanpa tahu sebabnya kenapa karena semua proses sudah dijalani tapi akhirnya jadi mekar berseri duuuh senangnya ngga terkira..

    ReplyDelete
  14. iya bener....tapi kayaknya yg paling mantap pake emulsifier ya rie?

    ReplyDelete