Friday, November 20, 2009

Ayam Bakar Taliwang - (Chicken Wings)


Description:
Resepnya aku dapatkan dari buku memasaknya Theresia Jürgensen dan dipadukan dengan buku resep indonesia populer milik Rindu Heyd.

Ketika di Indonesia, aku belum pernah mencicipinya.
Jadi....ketika masakan ini siap makan.....aku nggak tau, gimana rasa aslinya.
Ini adalah untuk ke 2 kalinya...aku masak menu ini.
Dan kuberanikan diri menyajikannya untuk Theresia, teman baikku, yang pernah tinggal di Lombok, NTB.

Dia bilang, enak...dan sudah mirip dengan masakan di Taliwang itu.

Sip.....!


Ingredients:

750 gr sayap ayam, bersihkan

Bumbu dihaluskan :
4 buah cabe tanjung
8 buah cabe merah thailand
4 siung bawang putih
1 bh schalotten kecil...(2 siung bawang merah brebes)
1 sdm terasi
1/2 sdt garam
1/2 sdm irisan gula merah
100 ml santan instan


Directions:

1. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan santan dan gula merah dan garam.
2. Masak terus hingga santan menyusut.
3. Lumuri ayam secara merata dengan jeruk nipis dan sedikit garam, diamkan 15 menit.
4. Panggang ayam dalam oven dengan panas 200 derajat selama 15 menit.
5. Goreng ayam pada minyak dengan panas sedang hingga kecoklatan, kemudian angkat.
6. Lumuri seluruh permukaan ayam dengan bumbu halus. Diamkan kira-kira 10-15 menit.
7. Panggang kembali ayam dalam oven dengan panas 200 derajat selama 10 menit.

Siap disantap.

Pelengkap : Plecing kangkung
(aku bikinkan Theresia : plecing toge-kol...enak juga...)


Photobucket

11 comments: